Berita

Sejarah Hari Ini: 15 Mei, Ratusan Orang Tewas dalam Kerusuhan Jakarta

Sabtu, 15 Mei 2021 - 13:17
Sejarah Hari Ini: 15 Mei, Ratusan Orang Tewas dalam Kerusuhan Jakarta ILUSTRASI - Kerusuhan Mei 1998. (FOTO: MAJALAH D&R/RULLY KESUMA)

TIMES MANUKWARI, JAKARTASejarah hari ini menceritakan tragedi kerusuhan Mei 1998 di Jakarta. Pada 15 Mei 1998, yang menjadi puncak kerusuhan di Jakarta. Kerusuhan Jakarta terjadi selama tiga hari, mulai 13 hingga 15 Mei. Peristiwa ini membuat ratusan orang tewas.

Laporan sementara pada waktu menyebutkan, sedikitnya 273 orang tewas terpanggang api di dua pusat perbelanjaan yang dijarah dan dibakar massa, yakni Sentra Plaza Klender Jakarta Timur dan Ciledug Plaza Tangerang

Pada 15 Mei sore, jumlah korban dipastikan bertambah setelah petugas menemukan 17 mayat dengan kondisi terbakar ditemukan diantara puing Slipi Plaza Jakarta Barat, yang terbakar.

Namun jumlah korban dipastikan terus bertambah seiring petugas terus menemukan jenazah di beberapa pusat pertokoan yang dijarah kemudian dibakar massa.

Adapun tim Gabungan Pencari Fakta pada  menemukan data yang berbeda. Berdasarkan data relawan, sedikitnya 1109 orang meninggal selama 3 hari kerusuhan.

Sedangkan data Polda Metro Jaya menyebutkan 451 orang yang meninggal dunia. Sedangkan data Pemprov DKi menyebut 288 orang meninggal. Sementara korban perkosaan disebut sebanyak 14 orang.

Kerusuhan akhirnya reda pada 16 Mei 1998. Setelah aparat berhasil mengatasi keadaan. Sementara di sisi politik, mahasiswa akhirnya menguasai gedung MPR/DPR RI pada 18 Mei dan Presien Soeharto akhirnya lengser dan meletakkan jabatannya pada 21 Mei 1998.  BJ Habibie yang saat itu menjadi wakil presiden akhirnya dilantik sebagai Presiden RI ke-4. (*)

Pewarta : Ratu Bunga Ambar Pratiwi (MG-345)
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Manukwari just now

Welcome to TIMES Manukwari

TIMES Manukwari is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.